Jumat, 06 Februari 2009

MONITOR LG STUDIOWORK

MONITOR LG STUDIOWORK
SAYA PERNAH PUNYA MASALAH PADA MONITOR LG SAYA

yang saya tanyakan pada mas zic begini "mas zic ak punya problem monitor LG studiowork 563 A, rusak cuma clik2... gitu terus. saya ukur teg di kaki C transistor hor 250 tp sesaat berkedip bareng dg suara klik..langsung 0 terus naik lg 250v trs berulang lg. saya coba lepas irfs 630, lampu nyala ijo tanpa kedip, cb ak gnti irfnya ternyata hasil sama, apanya tolongin ak mas zic yang baik, dibagian mana kira2 komponen apa yg rusak di regulator? mksh atas bantuannya mas Zic Menjawab
kerusakan tersebut sering di sebabkan oleh FBT nya yang sudah short.perlu di ketahui monitor lg studiowork sangat sering rusak di FBT nya.
Tapi berdasar informasi anda ,bahwa tegangan di TR hor. sampai 250V itu adalah tidak normal.Biasanya tegangan untuk B+ FBT atau COLL HOR saat standby adalah 75 - 90 Volt dan tegangan untuk video out/blok RGB adalah 160-200V.
coba ganti semua elco kecil pada regulator dan pastikan tegangan B+ nya normal.Kalau sudah normal tapi IRF 630 nya selalu putus,periksa komponen di jalur GATE(basis pada tr biasa ) biasanya ada R dan Ceramic yg rusak.IRF ini adalah komponen pengatur tegangan B+ untuk posisi energy saver.aktif bila ada sinyal dari monitor.
IRF 630 kedua adalah pengatur lebar gambar horisontal.jika IRF ini selalu putus,periksa capasitor bagian yoke yang biasanya bocor.ukur dengan menggunakan tester skala 10K untuk melihat kebocoran capasitor dalam skala nano farad.
Pastikan bahwa tegangan nya normal,sebelum mengganti komponen IRF630.
terima kasih.
ini saya postkan supaya rekan servis jika punya kasus sama bisa dijadikan referensi

1 komentar:

  1. Ass.wr.wb
    Salam kenal mas Rudi, nama saya rudy jg..
    Kerusakan diatas seperti monitor LG 710S yg saya punya, tadinya mati total, ternyata ada resistor penghubung MOSFET regulator ke ground ada yg terbakar. Mosfetpun rusak.. selidik-selidik ternyata TR output horizontal korslet, ganti IC regulator, MOSFET regulator (sebelum trafo) dan ganti TR output horizontal, resistor.. tp ada penyakit baru.. monitor hidup dan mati dan bunyi cetek-cetek dari relay bergantian selang 2-3 detik, TR horizontal OK. potong PCB yg menghubungkan kaki kolektor output horizontal ke FBT, masih juga. lepas dioda output regulator 50 volt.. tidak cetek-cetek tp dikaki BOUT IC TDA4841PS tegangan seperti flip-flop selang 2-3detik. Cabut PCB RGB di belakang tabung.. LED berkedip merah dan hijau cepat..
    sebagai info dikaki FBT ada label 40V tp kalau ditest tengangannya tidak ada tegangan sama sekali, apa ini (FBT) yg rusak ya?

    sampai sekarang belum nemu permasalahannya dimana.. mohon Bantuannya Mas Rudi, terima kasih

    kami doakan keluarga Mas Rudi menjadi keluarga sakinah mawahdah warohmah Amin...

    BalasHapus

jika anda berkunjung ke blog saya mohon kritik/komentar yang membangun. supaya blog saya ini lebih bagus dan berguna bagi anda semua